1. Perencanaan
Fungsi perencanaan adalah
memikirkan, memilih dan memetapkan apa yang harus diakukan dengan sumber yang
dimiliki/dibutuhkan untuk mencapai tujuan tertentu, termasuk didalamnya memilih
metode dan strategi.
2. Pengorganisasian
Fungsi pengorganisasian adalah perancangan dan
pengembangan suatu struktur organisasi/kelompok kerja yang terintegrasi
sedemikian rupa sehingga antara organisasi/kelompok kerja akan saling
mempengaruhi dalam hal mencapaian tujuan. Setiap organisasi/kelompok kerja
diberi wewenang dan tanggung jawab untuk melaksanakan tugas-tugas yang lebih
spesifik demi mencapai tujuan utama.
3. Kepemimpinan
Fungsi kepemimpinan adalah bagaimana membuat atau
mendapatkan para individu atau bawahan melakukan apa yang harus mereka lakukan
oleh seorang manajer. Termasuk didalamnya pengambilan keputusan, mengadakan komunikasi agar
terjadi saling pengertian antara manajer dan bawahan, memberi semangat,
inspirasi, dan dorongan kepada bawahan supaya mereka bertindak, mengkoordinasi
kegiatan.
4. Pengawasan/Evaluasi
Funsi pengawasan/evaluasi adalah
pemantauan fungsi-fungsi manajemen dan hasil kerja manajemen berupa penilaian yang
kemudian melakukan koreksi sehingga apa yang dilakukan dalam manajemen tersebut
sesuai dengan tujuan yang telah direncanakan.
Semoga ini membantu ....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar